Belajar Ilmu Servis Komputer, Cara Belajar Komputer, Komputer Jaringan, Games Komputer, Software dan Hardware Komputer (Printer, Motherboard, Hardisk, LCD) serta Panduan Tehnisi Komputer.

Perangkat Keras Jaringan Komputer

Perangkat Keras Jaringan Komputer berikut ini tentu tidak asing lagi bagi anda yang keseharianya menjadi seorang teknisi jaringan komputer yang paham betul bagaimana memasang jaringan komputer dan tentunya mengetahui Manfaat Jaringan Komputer tersebut. Namun bagi yang ingin dalam proses mengenal perangkat perangkat komputer dan jaringan, artikel yang admin share di blog Belajar Ilmu Komputer ini semoga dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi sahabat semuanya.

Perangkat Keras Jaringan Komputer

Pertama, Modem
Apakah itu Modem? Modem merupakan Perangkat Keras Jaringan Komputer, singkatan dari modulator-Demodulator yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lain melalui jaringan tertentu.Fungsi Modem mengganti (modulasi) sinyal digital (representasi bit: 0 & 1 saja) dari komputer ke si nyal analog saat sinyal itu melalui medium seperti saluran telepon kemudian modem pada komputer tujuan akan mengubah (demodulasi) sinyal analog tersebut ke digital kembali agar dipahami oleh komputer. Kemampuan modem membawa data detik di tentukan berdasarkan kemampuan modem. Selain itu, modem ini bisa bekerja sebagai penyambung “Dial” jika telepon di pasang di komputer. 

NIC
Perangkat Keras Jaringan Komputer NIC? Perangkat Keras Jaringan Komputer yang satu populer dengan istilah LAN Card, umumnya berupa kartu yang dipasangkan ke dalam slot motherboard komputer, dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan ke dalam motherboard, NIC fisik juga dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus paralel atau Express Card, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna yang mobile). Perangkat keras jaringan komputer Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua jenis,yakni Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet, yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet).

HUB

Hub adalah sebuah Perangkat Keras Jaringan Komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) pada model OSI.

Secara umum, hub merupakan bagian dimana data akan tiba dari satu atau banyak arah dan ia akan dikirim ke satu atau banyak arah. Hub biasanya didatangkan dengan switch dimana keduanya memiliki fungsi yang hampir sama. Selain itu, hub dikatakan sebagai tempat dimana data akan dikumpulkan menjadi fisik asal kemudian switch yang akan menentukan bagaimana dan dimana is harus dikirim. Didalam topologi sebuah jaringan, hub merupakan tulang punggung untuk jaringan itu (main circuit)
Hub juga dikenal sebagai concentrator atau multistation accesss unit (MAU). Ini memungkinkan perangkat seperti komputer, printer dan perangkat penyimpanan dihubungkan ke server. Ini bertindak sebagai ‘central connecting point’ untuk kabel-kabel yang harus terhubung ke server dan untuk setiap perangkat dalam jaringan.

Router
Apa itu Router?  Router bisa ada dalam bentuk Perangkat keras jaringan komputer bisa juga perangkat lunak komputer yang akan menentukan titik jaringan berikutnya untuk pesan yang harus dikirim ke tujuannya. Router akan dihubungkan setidaknya pada 2 jaringan dan menentukan jalur yang mana harus di laluinya. Rute yang akan di laluinya adalah berdasarkan tingkat pemahaman dan hubungi produsen terhadap sesuatu jaringan itu. Router dapat di lokalisir posisinya yaitu pada piranti keras yang di panggil gateway (dimana 2 jaringan bertemu / dihubungkan). Ada kalanya router lebih di khusukan sebagai salah satu bagian switch. Router dikatakan membangun atau mengelola sebuah tabel rute yang telah diidentifikasi. Disamping itu, ia juga menentukan kondisi suatu rute dan menggunakan informasi ini sesuai dengan jarak dan biaya algoritmanya untuk menentukan rute yang terbaik untuk pengiriman sesuatu paket. Ini bisa untuk mengarahkan trafik ke mana-mana bagian di dalam jaringan agar beban di dalam jaringan dapat dibagikan di dalam jaringan untuk mengurangi kemacetan.

Bridge
Bridge merupakan Perangkat Keras Jaringan Komputer yang menghubungkan antara satu jaringan ke jaringan yang lain dengan Persyaratan kedua jaringan tersebut menggunakan protocol yang sama (misalnya Ethernet atau token ring). Pengguna dapat mengarahkan bridge untuk mengirim pesan ke tujuan yang. Bridge akan menguji setiap pesan sebelumnya, kemudian bridge akan mengirimkannya diantara jaringan LAN yang sama seterusnya kepada tujuan yang mungkin berada pada jaringan LAN lain yang telah dihubungkan. Jaringan yang dihubungkan melalui bridge, alamat komputer atau nod tidak memiliki hubungan yang spesifik kepada lokasi. Untuk tujuan ini, pesan akan di kirim ke setiap alamat dalam jaringan tetapi hanya akan diterima oleh tujuan yang telah ditetapkan saja. Bridge dikatakan mempelajari alamat yang mana pada jaringan yang mana dan membangun sesuatu yang disebut? Learning table? agar pesan yang bakal dikirim akan dikirim pada jaringan yang benar. Ia bekerja pada tingkat data link yaitu pada lapisan fisik. Selain itu, bridge merupakan kombinasi perangkat keras jaringan komputer dan perangkat lunak komputer yang mampu mendeteksi kesalahan yang terjadi di dalam paket dan di dalam format alamat. Misalnya, jaringan di perusahaan yang sama tetapi dipisahkan secara konsep LAN jaringan yang menggunakan banyak komputer antara bridge. Melalui bridge, stasiun kerja hanya bisa mencapai informasi dalam lingkungan jaringan yang terlibat saja.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perangkat Keras Jaringan Komputer

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca Setia Selalu Meningglkan Komentar yang Sopan dan Santun.

Ingat JANGAN SPAM YA