Belajar Ilmu Servis Komputer, Cara Belajar Komputer, Komputer Jaringan, Games Komputer, Software dan Hardware Komputer (Printer, Motherboard, Hardisk, LCD) serta Panduan Tehnisi Komputer.

Manfaat Jaringan Komputer

Berbicara tentang Masalah Manfaat Jaringan Komputer yang saat ini sedang tentunya banyak sekali, komputer sebagai perangkat dari kecanggihan teknologi telah terbukti banyak sekali memberikan kemudahan kepada manusia dalam proses interaksi dan komunikasi yang semakin canggih.


Pada artikel kali ini blog Belajar Ilmu Komputer akan menguraikan beberapa hal penting sebagai tambahan pengetahuan kepada pembaca setia tentang apa saja manfaat jaringan komputer secara umum.

Manfaat Jaringan Komputer 

Mempermudah Sharing Data 
Ada beberapa perangkat yang dapat dijadikan media sharing data seperti USB, DVD maupun hardisk, namun belum mampu menjadikan pekerjaan berbagi data menjadi mudah sebab harus selalu dihubungkan dengan banyaknya komputer yang kita miliki satu persatu. Dengan sistem Jaringan komputer seperti LAN (Local Area Network), komputer yang bertindak sebagai server akan tersambung ke beberapa komputer yang bertindak sebagai client. Meskipun demikian, komputer yang berstatus client juga bisa saling terkoneksi.

Mempermudah Sistem Komunikasi
Komunikasi adalah kebutuhan penting bagi setiap orang untuk memberikan atau mendapatkan informasi, tidak usah jauh sebagai contohnya di dalam sebuah perusahaan komunikasi akan terus terjadi antara atasan dan bawahan maupun sesama bawahan pada sub kerja satu team maupun berbeda team harus membangun komunikasi yang baik dan berkelanjutan. Melihat efektifitas waktu terkadang sangat sulit menjalin komunikasi di tengah sempitnya waktu yang ada, namun jaringan komputer membantu itu semua dengan koneksi data antar komputer yang rapih akan sangat membantu antar elemen dalam perusahaan semakin mudah dalam berkomunikasi, lebih lebih jika didukung oleh jaringan internet, kita dapat memanfaatkan aplikasi messenger seperti yahoo, facebook dan Google+ untuk membangun komunikasi menggunakan jaringan komputer. Sistem komunikasi ini juga terasa sangat bermanfaat misalnya di kampus, dimana antara database yang dimiliki oleh bendahara kampus bisa terhubung dengan bidang akademik registrasi ulang mahasiswa, sehingga diketahui mahasiswa mana saja yang sudah menyelesaikan angsuran pendidikan.

Mempermudah Dalam Mencetak Dokumen
Seperti halnya Jaringan Komputer yang ada di warnet yang hanya memiliki 1 buah mesin printer, sangat repot sekali jika setiap user yang online dan ingin mencetak dokumen harus memasukan data itu kedalam flashdisk dan menghubungi mencetak lewat komputer operator. Dengan Jaringan komputer, seluruh komputer client dalam warnet tersebut dapat dihubungkan dengan 1 printer yang tersedia, sehingga pekerjaan si operator semakin ringan.

Sebenarnya masih cukup luas kalau kita bahas manfaat jaringan komputer ini, tapi sekedar tambahan pengetahuan admin cukupkan artikel ini sampai disini, sebab admin juga menawarkan untuk yang ingin expert dalam Jaringan Komputer mulai dari pemahahan, merakit jaringan komputer hingga mengatasi permasalahan jaringan komputer bisa langsung membaca Ebook Teknisi Jaringan Komputer. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Jaringan Komputer

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca Setia Selalu Meningglkan Komentar yang Sopan dan Santun.

Ingat JANGAN SPAM YA