Belajar Ilmu Servis Komputer, Cara Belajar Komputer, Komputer Jaringan, Games Komputer, Software dan Hardware Komputer (Printer, Motherboard, Hardisk, LCD) serta Panduan Tehnisi Komputer.

Cara Memperbaiki dan Mengatasi Laptop Blank Hitam

Artikel Cara Memperbaiki dan Mengatasi Laptop Blank Hitam ini admin tujukan setelah sebelumnya kita mempublikasikan artikel tentang belajar menjadi teknisi komputer secara otodidak, mulai dari cara menganalisa kerusakan laptop hingga memulai proses perbaikan secara step by step. Pada beberapa hari yang lalu, artikel seputar penyebab lapptop sering mati sendiri juga sudah sempat admin posting karena beberapa permintaan dari pembaca blog Belajar Ilmu Komputer ini. 

Langsung saja admin uraikan seputar cara memperbaiki laptop blank hitam yang selama ini mungkin sering membuat sobat yang menggunakan komputer menjadi cemas, apa saja penyebab dan bagaimanakah cara mengatasinya. Berdasarkan pengalaman hasil bacaan yang admin pelajari dari Ebook Teknisi Komputer Lengkap yang ditulis oleh Mas Agussale pemilik Qbonk Media Group. Ebook yang berkualitas admin rasa, karena isinya 80 persen adalah ilmu praktek seputar perbaikan laptop, komputer, jaringan, bahkan teknisi elektronika dan handphone.


Kita mulai dari proses pengecekan atau pemeriksaaan mengatasi laptop layar blank hitam

Cek Arus Apakah Ada Atau Tidak

Kegiatan yang mendasar yang seharusnya kita lakukan adalah pemeriksaan arus pada laptop tersebut, sebab mungkin saja laptop blank karena memang sedang tidak ada arusnya. Jika arus pada laptop tersebut memang baik baik saja dan lampu pada laptop juga menyala di dalam posisi on maka abaikan langkah ini dan lanjutkan ke step berikutnya.

Kosongkan Arus Yang Ada di dalam Laptop

Mengenai permasalahan Cara Memperbaiki Laptop yang memang mendapatkan kondisi dimana laptop tidak menampilkan apapun kecuali layar hitam maka kita mencoba dulu mengosongkan arus di dalam laptop untuk memastikan semua program berjalan dari Nol. Cara mengosongkan arus tersebut dengan cara mencabut baterai laptop dan menekan tombol power sambil di tahan selama 30 detik. Langkah selanjutnya, silahkan colokan kembali baterainya, Biasanya pada kasus laptop blank layar hitam ini bisa teratasi sampai step ini.

Apa Penyebab Layar Laptop Blank Hitam 

Sudah seharusnya sebelum melakukan perbaikan pada laptop yang rusak, termasuk mengatasi laptop blank tersebut kita harus sudah memahami penyebab laptop tersebut menjadi blank. yang paling penting itu adalah menganalisa kerusakan pada perangkat keras dan perangkat lunak pada laptop tersebut, saya sangat merekomendasikan anda membaca seri belajar Lengkap Teknisi Komputer Laptop Karya Qbonk Media Group

Panel Display rusak

Kita harus memastikan apakah Panel Display pada laptop yang mengalami kerusakan, maka cobalah hubungkan laptop dengan monitor eksternal. ubah mode layar melalui keyboard laptop dari mode layar internal ke mode layar eksternal. jika layar eksternal berhasil menayangkan display maka bisa dipastikan kerusakan ada di panel display internal. layar eksternal bisa berupa monitor CRT jika output berupa monitor (VGA) port, atau HDTV jika output berupa HDMI. kerusakan di panel display ada beberapa yaitu diantaranya: kerusakan di inverter, kabel fleksibel, dan LCD. kalau ada gambar tipis seperti bayangan di LCD, maka kemungkinan yang rusak adalah lampu LCD (CCFL), atau kabel fleksibelnya.
Daftar seri laptop yang sering terkena black screen :
seri HP TX1000, seri Sony Vaio VGN, dan seri lainnya yang kebanyakan memakai nVidia seri 8400 dan 8600. nVidia seri GeForce 8400 dan GeForce 8600 keluaran sekitar tahun 2008 an terkenal paling sering rusak setelah digunakan antara 2 sampai 4 tahun, hal ini memang karena ada kesalahan produksi. tetapi nVidia sudah memperbaikinya untuk produk-produknya yang baru.

Apakah kerusakan pada VGA Laptop


Kerusakan chipset VGA umumnya dialami oleh VGA laptop yang dedicated semisal dari nVidia atau Ati. kerusakan VGA dari Chipset integrated misal VGA Intel sangat jarang terjadi, kerusakan VGA yang terjadi berbandingannya sekitar 10 dedicated berbanding 1 integrated. yang sering terkena pada bagian VGA adalah soket chipset, memori RAM VGA dan chipset GPU nya.


Solusi Mengatasi Kerusakan Pada Laptop Layar Blank Hitam
Untuk kerusakan pada panel LCD: bawa laptop anda ke tempat service untuk diketahui bagian mana di panel LCD laptop anda yang mengalami kerusakan sehingga bisa diperbaiki atau diganti komponennya. Atau bisa baca "Cara Memperbaiki Panel LCD Rusak"

Untuk kerusakan pada VGA: solusi termurah: chipset di Reflow (di blower dengan hot gun) akan tetapi kerusakan akan timbul lagi dengan mudah hanya dalam jangka waktu beberapa hari saja. Reball: mengganti bola-bola pin di bawah dudukan chipset, sehingga sambungan yang jelek bisa diperbaiki lagi. bola-bola pin yang terbuat dari lead free soldering (bebas timbal) lebih mudah rusak karena perubahan suhu bila dibandingkan dengan menggunakan bahan leaded soldering. itulah mengapa setelah beberapa waktu banyak VGA dari nVidia menjadi rusak dengan gejala Artifak dan black screen.jika chipset sudah mengalami kerusakan parah bisa diganti dengan chipset yang baru, itupun jika chipsetnya tersedia.

Solusi lain adalah dengan mengganti Motherboard, sayangnya solusi ini adalah solusi yang memakan biaya paling mahal yaitu antara 1 sampai 2 juta-an. jangan gegabah untuk mengganti motherboard jika persoalan laptop anda hanya “no display”/ blank display/ black screen, karena selain mahal juga masih ada alternatif solusi lain yaitu dengan reball chipset. tarif reball chipset berkisar antara 500 sampai 700an ribu Rupiah, di kota-kota besar di Indonesia sekarang sudah banyak tempat servis laptop/notebook yang melayani jasa reflow dan reball chipset. mereka umumnya mempunyai alat BGA Rework Station, jadi anda tak perlu khawatir jika ternyata laptop anda mengalami persoalan tersebut. Kecuali anda sudah memilik Referensi Lengkap Memperbaiki Laptop Rusak.

Memperbaiki Laptop Blank Hitam

Ada Beberapa Kemungkinan Lain Penyebab  Laptop Blank Hitam dan Solusi Memperbaikinya :
  • Masalah mungkin disebabkan karena kegagalan memori. Modul memori gagal dan laptop tidak menyala karena itu. Dalam hal ini Anda dapat mencoba reseating modul memori untuk memastikan kontak yang baik dengan slot. Anda dapat mencoba melepas modul memori satu per satu dan menguji laptop dengan hanya satu modul memori yang terpasang. Anda dapat mencoba mengganti modul memori dengan modul baru.
  • Jika reseating / mengganti modul memori tidak membantu, coba lepas hard drive, DVD drive, modem, kartu wireless, keyboard, dll. Dengan kata lain, bongkar laptop dan hanya terpasang peralatan minimal dan uji lagi. Jika laptop masih tidak menyala, kemungkinan besar kegagalan. 
Dengan membaca dan memperhatikan beberapa deskripsi saya pada artikel Cara Memperbaiki dan Mengatasi Laptop Blank Hitam tersebut, saya berharap sobat bisa mengatasi kerusakan pada monitor laptop tersebut. Jika juga belum mengerti karena artikel ini hanya penggalan kemungkinan yang kecil, saya sangat merekomendasikan sobat membaca Ebook Teknisi Komputer Lengkap di Qbonk Media Group, berbekal pengalaman saya, Ebook tersebut sudah cukup banyak membantu calon teknisi hingga teknisi komputer dalam memperbaiki segala permasalahan pada komputer dan Laptop sebagai Materi Belajar Komputer Lengkap

Permasalahan Yang Mungkin Anda Cari, Serupa dengan permasalahan Laptop Blank Hitam. Mungkin Tutorial ini membantu :
cara memperbaiki laptop blank
cara memperbaiki laptop blank screen
laptop blank hitam saat dinyalakan
laptop blank hitam tidak bisa masuk bios
laptop blank hitam saat booting
laptop blank hitam hanya ada kursor saja
layar laptop blank hitam
layar laptop blank hitam tapi hidup
Semoga artikel tersebut bermanfaat, untuk memiliki EBOOK Teknisi Komputer Lengkap Klik Disini

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memperbaiki dan Mengatasi Laptop Blank Hitam

28 komentar:

  1. Thanx.. infonya sangatt bermanfaat.

    BalasHapus
  2. kasus yang sering saya jumpai yagn menyebabkan LCD blank karena chipset VGA yagn telah rusak. makasih for sharing gan.

    BalasHapus
  3. Sangat komplet tutorialnya pak mengenai kerusakan seputar laptop. terimakasih. semoga blognya tambah rame. Salam kenal. Maaf Numpang promo pak kali aja ada yang cari 'service komputer panggilan surabaya' . terimakasih pak admin.

    BalasHapus
  4. Hatur nuhun kang, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. Kak, gimana kalo keyboard tidak berfungsi? Ako udah teken F8 berulang kali tapi nggak masuk-masuk juga ke tampilan safe mode? Mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak, kalau mau masuk ke safe mode tekan ajaa tombol switch nya sampai sampai komputer mati/ off. setelah itu tekan lagi tombol switch nya seperti menyalakan komputer. nanti akan ada pilihan nya. safe mode atau windows regular

      Hapus
  6. Sangat memmbantu. Terimakasih

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Punya saya blank screen di welcome screen. Jadi saya tak dapat login. Apa cara yang jitu untuk memperbaikinya?

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Jozzz gan...laptopq bisa dipake lg...thanks infonya

    BalasHapus
  11. punya saya kecerahanyya ga ada , padahal laptop idup min , tapi redup banget, jadi lcd seakan terlihat mati

    BalasHapus
  12. Terimakasih mas ilmunya.. bermanfaat untuk nambah wawasan ane mas...

    BalasHapus
  13. bang, aku mau nanya tentang masalah yang aku alami. pertama dl aku punya laptop Asus X401U, udah make 3 tahun. selama ini aku make kaya biasa aj. trus terjadi kerusakan di layarnya, layarnya jd mati, tp aku hubungkan k monitor atau projector bisa aj tampil. trus aku menduga kalo kerusakannya di LCD, trus udah aku pesan, trus aku pasang, ternyata layarnya tetap mati. aku jd menduga kalo LCD yg baru ini juga ad masalah, trus aku coba k laptop temen ku, ternyata normal. nah, yg aku mau tanya, kerusakannya itu di mana? mohon pencerahannya. thx

    BalasHapus
  14. pada saat di "on" kan layar putih gelap kadang brgaris, lampu indikator semua nyala, suara jg bagus, tpi gambar tdk ada.hanya warna putih gelap. solusinya gimna?..

    BalasHapus
  15. thanks gan... informasi nya
    izin copy.... (Y)

    BalasHapus
  16. thanks gan udah sharing info yang sangat bermanfaat ini, semoga bisa dipraktekan dan juga berhasil diterapkan ```````````` ` `` `` ` ```

    BalasHapus
  17. wow hebat bener orang ini, laptop ku yang tdnya black sreen, trus baca2 di internet mengenai cara memperbaiki laptop yang black sreen, ketemu artikel ini, kemudian saya praktekan cara "Kosongkan Arus Yang Ada di dalam Laptop" setelah saya coba sekitar 1 menit, kemudian saya coba hidupkan lagi dan langsung laptop ku jadi tampil normal lagi, thank yaa gan udh ngasih ilmunya, bermanfaat banget.

    BalasHapus
  18. aku gmn copotinnya laptop nya jga batre tanam ..

    BalasHapus
  19. Bagaimana kalau dengan blank putih saat di nyalakan pada laptop saya bang?

    BalasHapus
  20. Kalau laptop saya kadang-kadang waktu dinyalakan suka mati mendadak tapi dinyalakan ulang bisa lagi. mungkin tips diatas bisa membantu. nanti saya coba. thanks infonya
    haikal http://www.caraperbaiki.com

    BalasHapus

Pembaca Setia Selalu Meningglkan Komentar yang Sopan dan Santun.

Ingat JANGAN SPAM YA