Belajar Ilmu Servis Komputer, Cara Belajar Komputer, Komputer Jaringan, Games Komputer, Software dan Hardware Komputer (Printer, Motherboard, Hardisk, LCD) serta Panduan Tehnisi Komputer.

Ini Dia Cara Memperbaiki Charger Laptop Yang Rusak

Charger laptop sobat rusak? barangkali tulisan ini bisa sedikit membantu sobat sobat semua yang sedang kebingungan bagaimana cara memperbaiki charger laptop yang rusak. Kali ini artikel yang admin kutip dari halaman http://hokynet.blogspot.co.id/ akan menjadi topik di blog Belajar Ilmu Komputer ini.



Charger Laptop kita sering bermasalah, tidak charge, dipasang tidak nyala dan sebagainya. 
Ada beberapa permasalah charger laptop yang sering kita temui.
  1. Charger indikator lampu tidak menyala
  2. Charger indikator lampu nyala tapi pada laptop tidak ada indikasi charger bekerja.
  3. Charger indikator lampu nyala tapi saat dipasang di laptop, indikator di laptop mati hidup
Pada kesempatan ini saya coba membahasnya terutama pada point kedua, alat yang perlu dibutuhkan antara lain :

1. Solder
2. Timah solder
3. Cutter/Gunting
4. Multitester
5. Jarum Pentul

Pada contoh kasus ini kita mengganggap charger tidak charge, tapi indikator lampu pada charger nyala, ini menandakan bahwa charger sebenernya bekerja tapi arus tidak sampai pada ujung jack menuju laptop.

Kesimpulannya kerusakan pada kabel ataupun jack, bagaimana kita mengetahui jack yang rusak ataupun sebelah mana kabel yang putus? Disini kita akan  share pengalaman, biar langkah yang kita ambil lebih efisien.

Mengapa efisien, karena ketika kita perkiraan yang rusak jack dan kita potong kabel di dekat jack, ternyata kabel yang putus di tengah-tengah ataupun di sisi paling dekat dengan charger. ini mengakibatkan tindakan kita jadi tidak efisien. Itu pun terjadi ketika perkiraan kita sebaliknya, kita perkiraan yang putus di sisi kabel paling dekat dg charger dan kita potong setelah kita cek ternyata arus ada, dan ternyata yang rusak sisi jack ataupun kabel mendekati jack. Ada lagi dengan perkiraan memotong kabel, setelah dicek kabel bekerja dg baik pada sisi itu kemudian kita memotong pada sisi lain dan akhirnya kabelpun berkurang banyak. yang mengakibatkan kabel charger semakin pendek.

Tidak perlu lagi berpanjang-panjang, saya bagikan trik nya :
Pertama, kita siapkan Multitester, saya anggap rekan sudah mengerti penggunaannya, untuk mengecek adakah arus pada ujung jack

Kedua, setelah kita cek ternyata arus memang tidak ada, langkah berikutnya adalah mengambil jarum pentul dan tancapkan pada tengah-tengah kabel tembus dari sisi atas dan bawah. Penusukan kabel ini kita letakan setengah dari panjang kabel charger, ini sebagai jalan mengusahakan seefisien mungkin Perhatikan indikator lampu pada charger, biasanya lampu indikator masih nyala karena arus tidak terpakai. 
  • Jika pada saat jarum pentul ditancapkan, lampu indikator pada charger mati (konslet) berarti posisi kabel yang kita tusuk itu masih baik dari posisi jarum sampe ke dalam charger. Bisa disimpulkan bahwa yang putus itu kabel dari sisi jarum sampe jack. 
  • Jika pada saat jarum pentul ditancapkan, lampu indikator pada charger tetep nyala berarti posisi kabel yang kita tusuk dari posisi jarum sampe ke dalam charger itu rusak atau putus. Kita simpulkan bahwa kabel dari posisi jarum ke jack masih bagus.
  • Untuk memastikan lebih lanjut kita gunakan alat tester, posisi jarum masih menusuk kabel, cek dengan tester apakah bener2 kabel putus atau tidak dengan cara tes ujung jack dengan jarum. Jarum ini berfungsi untuk konduktor menuju kabel baik positif maupun negatif tanpa harus mengupas kabel.

Ketiga, lakukan penusukan seefisien mungkin, setelah kita mengetahui sisi kabel mana yang putus lakukan pemotongan dan buang sisi kabel yang putus.
Keempat, sambung kembali kabel dengan timah solder dengan solder yang sudah disiapkan.

Kelima, beri isolasi pada sambungan kabel, biar lebih aman.

Jika yang putus kabel sisi dalam charger biasanya kita putus paling pendek kemudian sambungkan lagi pada pcb charger.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini Dia Cara Memperbaiki Charger Laptop Yang Rusak

8 komentar:

Pembaca Setia Selalu Meningglkan Komentar yang Sopan dan Santun.

Ingat JANGAN SPAM YA