Belajar Ilmu Servis Komputer, Cara Belajar Komputer, Komputer Jaringan, Games Komputer, Software dan Hardware Komputer (Printer, Motherboard, Hardisk, LCD) serta Panduan Tehnisi Komputer.

Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Restart Sendiri

Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Restart Sendiri - Pernahkah anda mengalami komputer anda tiba tiba mati dan restart sendiri? itu adalah salah satu dari gejala lain dari kerusakan komputer. Artikel kali ini akan membimbing sahabat tentang cara memperbaiki komputer yang sering restart sendiri berikut uraian lengkapnya di Belajar Teknisi Komputer

Pertama sekali kita pelajari dulu beberapa penyebab komputer sering restart sendiri seperti berikut ini :

Processor Komputer Terlalu Panas (over Head)

CPU / Processor yang terlalu panas dapat menyebabkan komputer restart, cek suhu CPU sobat pada systemBIOS, suhu normal berkisar antara 45º – 55º , jika ini yang menjadi penyebabnya.


Solusi : Lepas CPU / Processor , bersihkan berikan Thermal Pasta / Pasta Pendingin CPU, lihat kipas / fan nya, jika perlu ganti Thermal Pasta dengan yang baru.
Yang menyebabkan Processor Menjadi Panas
  • Terlalu banyak debu yang menempel pada cooler processor
  • Fan pada processor yang tidak jalan (sudah tidak berfungsi)
  • Thermal paste sudah tidak merekat pada processor dan cooler
  • Ruangan yang panas dan kondisi ruang yang kotor / banyak debu

Masalah Kerusakan Power Supply 

Kerusakan Power Supply sedikit sekali yang memprediksi, Power Supply yang rusak akan mengalirkan listrik yang tidak sempurna yaitu naik – turun dan tersendat – sendat, ketika power supply tegangan turun, komputer sobat akan restart. [ Solusi : Cara mudah dan ampuh ialah menggunakan fan / kipas yang memiliki lampu, perhatikan terang lampunya, jika terkedip – kedip segeralah ganti power supply 

Kerusakan pada Kelistrikan 

Listrik adalah hal utama yang harus sobat periksa, dalam hal ini ialah Voltase (Voltage) tegangan listrik sobat. Gunakan AVO Meter untuk mengecek tegangan voltase listrik sobat, colokkan avo meter pada listrik dinding sobat, apakah sudah mencapai 220 V ? , jika tidak mencapai tegangan 220 V atau hanya sekitar 160 – 190 V ( naik turun ), saya jamin komputer sering restrart sendiri dalam hal ini sebagai solusi maka sobat harus menggunakan bantuan Stabilizer / Stavolt. (Supply listrik yang kurang akan menyebabkan komputer restart / mati dan berdampak pada kerusakan Hardware, Hard Disk, Motherboard dan Memory)

VGA Card Rusak

VGA Card yang sudah rusak mengakibatkan bagian pendinginnya akan cepat panas dan tampilan gambar di monitor juga rusak.


Harddisk Rusak / Bad sector

Hardisk rusak akan mengakibatkan komputer menjadi hang, muncul pesan bluescreen, komputer tidak dapat melakukan booting dan akan restart terus.


RAM / Memori Rusak

RAM yang rusak akan akan menimbulkan bunyi beep dan tidak bisa melakukan booting walaupun masuk ke windows safe mode.

Dari beberapa masalah komputer restart sendiri diatas, sahabat sebenarna bisa melakukan perbaikan sendiri dan tak perlu menghabiskan banyak biaya untuk dibawa ke tempat servis segala.

Rekomendasi :
Miliki Ebook "Teknisi Komputer Lengkap"
Membahas secara tuntas masalah kerusakan pada Komputer, Laptop dan jaringan.



Semoga dengan bantaun Ebook diatas anda dapat melakukan perbaikan pada komputer yang sering restart tersebut.

Beberapa E-book Penunjang berikut juga sangat penting untuk sobat pahami :
  • Ebook Pandauan memperbaiki Motherboard
  • Ebook Cara memperbaiki Power Supply
  • Ebook Tutorial memperbaiki hardisk
  • Ebook Tutorial Elektronika
Semua Ebook yang saya rekomendasikan diatas dapat anda DOWNLOAD di Situs Resminya >> KLIK DISINI

Semoga dengan mengetahui penyebab, gejala dan beberapa solusi diatas dapat anda perbaiki dengan benar, berkat panduan Ebook Teknisi Komputer yang langsung ditulis oleh master teknisi komputer indonesia. perkenalkan belian adalah Om Qbonk sebagai nama aslinya "Agusale".

Demikianlah Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Restart Sendiri, semoga bermanfaat dan jadilah Teknisi Komputer yang handal. Wassaslam 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memperbaiki Komputer Yang Sering Restart Sendiri

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca Setia Selalu Meningglkan Komentar yang Sopan dan Santun.

Ingat JANGAN SPAM YA